Kucing Makan Rumput

Posted on
Kucing makan rumput
sumber: tempo.com

Kucing makan rumput sering kali kita lihat di halaman rumah. Seringkali kita melihat kucing berkeliaran di depan rumah dan memakan Rumput hijau.

Ini terdengar sangat aneh, karena itu hal yang mustahil bagi kucing untuk memakannya. Kucing adalah pemakan daging dan tidak seharusnya mereka rumput.

Ada pertanyaan muncul apakah rumput tidak berbahaya bagi kesehatan kucing. Tapi setelah kita lihat mereka sering Memakannya.

Berikut Lensakucing.com  akan membahas mengapa alasan Kucing memakan rumput.
Sebenarnya belum ada alasan yang jelas secara ilmiah penelitian yang tepat mengenai kucing makan rumput.

Diambil dari Sebuah Cenel Youtube yang bernma X SCINC (28/02/2021) Bahwa Perilaku ini pernah diteliti oleh salah satu universitas California dari jurusan kedokteran hewan di kongres internasional Etologi terapan ke 53 yang diadakan di Norwegia.

Dan hasilnya 71% hewan karnivora terlihat memakan tumbuhan hijau lebih dari 6 kali. Riset ini melibatkan 1000 pemilik kucing di internet yang menghabiskan waktunya sehari dalam waktu 3 jam untuk kucing kesayangannya.

tetapi ada beberapa teori yang dapat menjelaskan pertanyaan di atas .

Teori Yang Dapat Menjelaskan Kenapa Kucing Makan Rumput

1. Membersihkan Sistem Pencernaan

Teori yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai media untuk membersihkan sistem pencernaan mereka. Jika kalian perhatikan kucing akan muntah muntah setelah mereka makan rumput.

Mereka melakukannya dengan sengaja. Muntah-muntah pada kucing dapat membuang kotoran-kotoran yang ada di perut seperti bulu, parasit, atau tulang yang tidak dapat dicerna.

Namun bukan berarti kucing yang makan rumput selalu akan memuntahkan rumputnya, mungkin kebanyakan kucing yang memakan rumput justru mengeluarkan rumputnya saat buang air besar bersama sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik olehnya.

Hal ini cukup masuk akal, karena kebanyakan kucing liar pastinya memakan sembarangan makanan yang mungkin ada beberapa bagian tidak bisa dicerna dengan baik seperti tulang dan bulu.

2. Menghilangkan Stres Pada Kucing

Teori yang kedua menghilangkan stres pada kucing. Ada juga yang berpendapat kucing makan rumput dapat menghilangkan stres. Jika mereka stres mereka akan sering mengunyah rumput.

Tapi tidak semua kucing stress akan memakan rumput ada juga yang memiliki ciri-ciri lain. Anggapan ini hanya diambil dari sebagian orang saja yang mengamatinya.

Bahaya Kucing Makan Rumput

Kucing tidak memiliki enzim yang dapat mencerna rumput jika terlalu banyak memakan rumput maka dapat dipastikan rumput itu akan menyumbat pencernaannya. Tapi kebanyakan kucing hanya memakan sedikit saja sehingga tidak membahayakan mereka.

Pastikan rumput di halaman rumah tidak mengandung pestisida atau pupuk kimia lainnya. Sehingga tidak membahayakan kucing.

Manfaat Rumput Bagi Kesehatan Kucing

Kucing yang sering memakan rumput membantu memberi nutrisi tambahan seperti asam folat.  asam folat (vitamin B9) adalah vitamin esensial yang membantu pencernaan, mendukung pertumbuhan sel dan membantu produksi hemoglobin.

Baca Juga: makanan kucing basah

Memberikan Rumput Di dalam Kehidupan Sehari Hari

Di era seperti sekarang ini sudah banyak ditemukan makanan-makanan dari rumput yang cocok untuk kucing seperti rumput kucing.

Anda bisa membeli bijinya dan menanamnya selama satu minggu lalu memberikannya kepada kucing. Sebenarnya bibit rumput ini adalah dari bibit gandum. Yang ditanam di pot lalu diberikan kepada kucing.

Demikian Lensakucing.com telah membahas mengapa kucing makan rumput semoga artikel ini bermanfaat buat kalian di rumah dan menambah pengetahuan tentang kucing terima kasih.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *