Makanan Kucing Basah

Posted on
Makanan kucing basah
Sumber : hobibinatang.com

Makanan basah adalah makanan yang dianjurkan untuk pakan kucing.  Kucing merupakan hewan karnivora, kucing membutuhkan makanan yang mengandung gizi tinggi seperti protein hewani, lemak dalam jumlah sedang, dan sedikit karbohidrat.

Meski merupakan kebutuhan utama, mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih juga tidak baik.

Makanan kucing yang direkomendasikan adalah makanan yang memenuhi setandar organisasi atau lembaga tertentu, seperti Association of American Feed Control Officials (AAFCO), European Per Food Industry Federation (FEDIAF), dan World Small Animal Veterinary Association (WSAVA).

Kamu bisa dapatkan makanan basah ini di toko pakan hewan. Kamu dapat memberikannya untuk memenuhi kebutuhannya.


Makanan Kucing Basah
sumber: detik.com

Makanan Kucing Basah Dan Kelebihanya

Ada banyak sekali kelebihan makanan basah berikut lensakucing.com akan membahasnya

1. Mencegah Dehidrasi

Makanan kucing basah adalah makanan yang yang banyak sekali mengandung air. Kamu dapat memberikan kepada nya di rumah.

Makanan basah berfungsi mencegah terjadinya dehidrasi pada kucing. Ini sangat bagus untuk kesehatannya.

Selain itu fungsi makanan basah adalah membantu melancarkan metabolisme pada tubuh.

Baja juga : Susu Alternatif Kucing

2. Menambah Nafsu Makan

Makanan basah memiliki aroma yang sangat tajam. Aroma ini sangat disukai oleh kucing, sehingga sangat cocok diberikan untuk kucing yang kehilangan nafsu makan karena kesehatan yang menurun.

Kamu dapat mengamati pertumbuhan, perkembangan dan nafsu makan yang meningkat setelah memberi makanan ini.

3. Memiliki Gizi Yang Tinggi

Dengan mengonsumsi makanan ini kucing akan mendapatkan asupan gizi yang baik seperti seperti mineral, asam amino, asam lemak, vitamin A, B, D, E, dan lain sebagainya.

4. Menjaga Kesehatan Bulu

vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Jika Hewan kesayangan Anda ingin memiliki bulu indah dan sehat, maka penuhilah kebutuhan vitamin E-nya. Kebanyakan orang menginginkan bulu kucing yang sehat tapi tidak memberikannya makan sesuai kesehatan bulunya. Memberikan makanan basah adalah hal yang tepat.

5. Menyehatkan Jantung Dan Mata

Makanan basah mengandung Tarium yang tinggi. Taurin adalah zat asam amino yang dapat menyehatkan retina mata dan jantung. Ini akan menambah panjang umur kucing dan mata terlihat menjadi bening dan tajam.

6. Menghindarkan Penyakit Saluran Kencing

kombinasi seimbang antara kalsium, vitamin C, dan taurin mampu mencegah penyakit saluran kemih bawah. Kalsium juga sangat bagus untuk perkembangan anak kucing. Jika anak kucingmu ingin memiliki pertumbuhan maksimal memberi makanan kucing basah adalah pilihan yang tepat.

6. Kualitas Kemasan Terjaga

Makanan basah umumnya dikemas dalam kemasan kaleng, kemasan kaleng akan membuat makanan yang ada di dalamnya tetap terjaga kualitasnya dan menjaga kesegaran makanan. Jadi jangan khawatir, makanan basah itu sangat aman untuk kucing dan jangan lupa cek tanggal kedaluwarsa.

Kekurangan Makanan Basah

Selain memiliki banyak manfaat Makanan ini juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari makanan basah.

1. Menjadi Brutal

Kucing menjadi sangat agresif, ini terjadi karena makanannya sangat menyengat di hidung dan menyebabkan mereka brutal. Makanan ini sangat berbau gurih dan sangat disukai oleh kucing.

2. Tidak Tahan Lama

Makanan kucing basah memang memiliki rasa dan bau yang lebih enak dari pada makanan kucing kering. Tapi sayangnya makanan ini hanya bisa bertahan 1 minggu saja setelah dibuka. Jika menyimpannya lebih dari satu minggu rasa makanan sudah berubah menjadi masam dan tidak layak konsumsi.

3. Menyebabkan Bau Mulut

Makanan basah akan akan menumpuk pada sela sela gigi  akan menimbulkan bau mulut tak sedap. Plak yang menumpuk berlebihan menyebabkan sariawan pada kucing.

Berikut Rekomendasi Produk Makanan Basah

1. Pro Plan Wet Kitten

Makanan Kucing Basah
Sumber: shopee.co.id

Ada 2 kemasan dalam produk ini yaitu Pro Plan Wet Kitten chiken dan Pro Plan Wet Kitten salmon. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama dan memenuhi standar AAFCO sebagai makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan anak kucing.

Produk ini mengandung banyak serat inulin sebagai pendukung penyerapan nutrisi yang bagus. Kandungan DHA nya sangat bagus untuk perkembangan otak dan mata kucing. Nutrisi esensial yang terkandung dalam makanan ini dapat Membantu kesehatan gigi tulang dan dan perkembangan otot pada kucing.

2. Me-O Wet Food

Sumber : Shopie.co.id

Me-O Wet Food sangat rendah yodium sehingga menghindarkan kucing anda dari penyakit ginjal, darah tinggi, dan jantung. Perpaduan nutrisi lengkap juga dapat mengurangi resiko batu ginjal dan penyakit saluran kemih bawah (FLUTLD)

Kandungan fosfor, vitamin D, dan kalsium di dalam produk ini akan memelihra kepadatan tulang dan gigi kucing. Sedangkan vitamin C yang juga terkandung di dalam Me-O Wet Food akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh kucing Anda.

3. Happy Cat VET Diet – Intestinal

Makanan Kucing Basah
Sumber: tokopedia.com

Makanan kucing ini diformulasikan untuk kucing yang mengalami masalah pencernaan atau penyakit lainnya. Seperti gangguan gastrointestinal hingga penyakit akut sekalipun. Produk makanan ini mempunyai formula efektif untuk mengurangi sakit pada sistem pencernaan kucing.

Produk ini memiliki kandungan karbohidrat yang terkontrol sehingga sangat mudah dicerna. Dengan memiliki serat yang banyak mendorong pertumbuhan flora usus dan dapat menstabilkan tinja kucing karena kandungan air didalamnya yang cukup banyak.

4. Kit Cat Kitten Mousse Canned Cat Food

Makanan Kucing Basah
Sumber : blibli.com

Kit Cat Kitten Mousse Canned Cat Food kaya akan omega 3 dan 6 yang diproduksi tanpa pengawet buatan. Kandungan nutrisi di dalamnya membantu menyehatkan mata kucing dan mengurangi resiko penyakit saluran kemih dan batu ginjal pada kucing.

Bahan-bahan di dalam produk ini terbuat dari daging ikan ikan tuna tanpa lemak dan daging babi. Perpaduan racikan yang sempurna membuat Makanan ini sangat disukai oleh kucing.

5. Whiskas Pouch Junior Tuna

Makanan Kucing Basah
sumber: my-best.id

Produk makanan yang dimasak dengan metode slow-cooked sehingga menghasilkan potongan daging yang segar dan berair. Dengan tekstur daging lembut membuat makanan ini sangat bagus dan mudah dicerna pada kucing yang baru mengenal makanan.

Produk ini memiliki aroma tunai yang lezat membuat kucing akan semakin lahab dalam pemakaiannya. Produk ini dapat dikonsumsi oleh kucing hamil dan menyusui karena kandungan nutrisinya lengkap.

6. Royal Canin Mother & Babycat Ultra Soft Mousse

Makanan kucing basah
Sumber : pickbest.id

Makanan ini memiliki tekstur mousse yang sangat lembut. Dengan tekstur yang lembut membuat makanan ini sangat mudah untuk dicerna. Kandungan air didalamnya dapat memenuhi kebutuhan cairan kucing.wet food ini diformulasikan untuk melengkapi kebutuhan anak kucing dan induk kucing di masa kehamilan atau menyusui.

Baca Juga : Kucing Makan Nasi

Makanan ini dapat menggantikan fungsi kolostrum. Kolostrum adalah sistem kekebalan alami yang terdapat pada susu induk kucing, Yang mulai berkurang seiring berjalannya waktu.

7. Sheba Tuna Fine Food for Cats

Makanan Kucing Basah
Sumber : blibli.com

Makanan kucing yang memiliki rasa unik dan lezat. Ini dikarenakan produk ini memiliki kombinasi saus yang lembut dan daging ikan asli. tekstur gourmet dan berbagai macam rasa juga tersedia dalam beragam paket yang berbeda, menyesuaikan selera dan kebutuhan kucing Anda.

Bisa dbilang, Sheba merancang produk ini agar menjadi salah satu makanan kucing terbaik di dunia. Dibuat menggunakan bahan baku yang dipilih secara cermat, serta dimasak dengan sangat hati-hati, menjadikan kualitasnya semakin premium!

Catatan :

Seperti dilansir dari Catster, menurut Animal Medical Center New York, seekor kucing dewasa dengan berat 8 pon (1 pon = 0,45 kg) membutuhkan sekitar 240 kalori perharinya. Yang berarti untuk tiap berat 1 pon, kucing butuh 30 kalori perharinya.

Biasanya untuk sehari kucing makan sekitar 2% dari berat badannya. Jadi bila berat badan kucingmu 5 Kg, maka makanan yang diperlukan sekitar 2% x 5 Kg yaitu 100 gr. Lau kamu bisa membakikanya dalam 2-3 kali.

Demikian lensakucing.com membuat artikel makanan kucing basah serta keunggulan dan kekurangannya semoga bermanfaat buat kalian dirumah.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *