Melatih Makan Anak Kucing

Posted on
Melatih Makan Anak Kucing
Sumber : ceritakekucing.blogspot.com

Melatih makan anak kucing bisa menjadi kegiatan menarik di rumah.

Pada usia minggu ke-1 anak kucing masih dalam keadaan tuli dan buta.

Sehingga induk kucing berperan penting dalam merawat anak anaknya. Anak kucing akan menyerap asupan nutrisi susu kolostrum dari induk kucing.

Untuk kucing yang dirawat tanpa induk Anda bisa memberi susu sendiri yang diformulasikan khusus.

Minggu ke-2 matanya mulai terbuka dan bisa melihat alam sekitarnya. Dalam Minggu ini anak kucing masih belum bisa dikenalkan makanan, ini dikarenakan gigi yang belum tumbuh.

Mereka masih tergantung pada susu induk kucing untuk memenuhi kebutuhan perutnya.

Minggu ke-3 Gigi Kucing mulai tumbuh dan aktif bergerak. Mereka mulai berkeliaran kesana kemari sesekali bermain dengan teman-temannya.

Dalam minggu-minggu ini kucing belum dapat dikenalkan makanan. Walaupun susu induk kucing sudah mulai berkurang dari segi nutrisi volume dan kualitas.

Minggu ke-4 anak kucing sudah mulai makan makanan yang yang dimakan oleh induk kucing.

Mereka memakannya dengan porsi yang sedikit.
Jika kita memberikan porsi yang terlalu banyak anak kucing pun belum bisa memakan semuanya.

Disini anda mulai bisa mengenalkan makanan kepada mereka dengan makanan yang bergizi tinggi.

Dengan didorong oleh kebutuhan ASI yang terpenuhi dan makanan bergizi akan membuat mereka menjadi cepat dalam bertumbuh kembang.

Berikut Lensakucing.com akan membahas cara melatih makanan kucing.

1. Memberi Variasi Makanan

Cara melatih makanan kucing yang pertama adalah memberi variasi makanan yang berbeda. Anda dapat memilih sumber protein hewani.

Sediakan variasi makanan di tempat yang berbeda dan biarkan kucing untuk memilih makanan yang dia suka. Ini dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Sehingga proses pengenalan makanan akan lebih mudah dilakukan.

Variasi Makanan Olahan Kucing :

Memberi Dry Food

Memberi makanan kering dapat Anda lakukan di rumah. makanan kering sangat disukai oleh kucing karena baunya yang enak.

Makanan ini sangat cocok untuk anak kucing yang baru mengenal makanan. Tekstur yang renyah, dapat melatih gigi mereka saat mengunyah makanan.

Memberi Wet Food

Memberi makanan basah juga dapat menjadi alternatif Jika Anda mempunyai anak kucing yang baru mengenal makanan.

Hal ini dikarenakan makanan kucing basah sangat disukai oleh kucing terutama pada baunya yang sangat menyengat melebihi makanan kering.

Tekstur yang lembut dan berair dapat mempermudah anak kucing dalam mencernanya.

Variasi Makanan Alami :

Memberi makanan alami bisa kalian lakukan untuk melatih kucing yang baru mengenal makanan.

Makanan alami sangat bagus untuk mereka karena mengandung protein hewani tanpa campuran pengawet dan bahan lain yang membahayakan kucing. Berikut Adalah Contoh Makanan Alami

Daging Ikan

Daging ikan memiliki tekstur yang lembut dari daging yanng lain. Ini dapat melatih mereka makan tanpa kesulitan mengunyah. Selain itu daging ikan sangat mudah di cerna dan mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kucing

Kandungan gizi ikan meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat baik untuk anak kucing. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan anak kucing

Daging Ayam

Daging ayam juga bisa menjadi salah satu makanan alami yang dapat kamu berikan kepada anak kucing. Teksturnya lembut sangat bagus untuk melatih kucing mengunyah.

Walopun tekstur daging ayam masih kalah lembut dengan daging ikan tapi anak kucing masih dapat mengunyahnya. Jika kucing kesulitan memakan nya anda dapat mengiris nya kecil kecil terlebih dahulu sebelum memberikan nya.

Daging Sapi

Daging sapi sangat disukai oleh kucing karena baunya yang khas. Ini bisa dijadikan makanan untuk melatih anak kucing makan. tapi tekstur daging sapi yang keras membuat mereka kesulitan memakan. Anda harus memotongnya kecil kecil dan merebusnya terlebih dahulu sebelum memberikan nya makan.

2. Memberi Perhatian Dan Membuat Nyaman

Dengan memberikan perhatian anak kucing, mereka akan lebih nyaman dan akan mempermudah Anda untuk melatih mereka makan.

Kucing akan memakan makanan yang anda beri dan tidak akan menolaknya karena mereka menyukai Anda. Berikut Adalah Cara Membuat Kucing Nyaman

Mengajak Bermain

Dengan mengajak bermain akan melatih emosional kucing . Sehingga anak kucing akan menganggap sang pemilik adalah teman terbaik untuk bermain. Dan bisa membuat mereka lebih mengenal anda. Mereka tidak anak menolak jika anda memberinya makan.

Mengusap tubuh kucing

Ada dapat mengelus elus kucing, Sehingga mereka akan merasa di beri perhatian penuh oleh sang sang pemilik. Dengan ini mereka akan menjadi kucing penurut dan memudahkan anda saat melatihnya makan.

3. Memberi vitamin

Berikan vitamin yang mengandung B kompleks dan lisin ( asam amino lisin) Yang dapat dibeli di apotek terdekat. Seperti biolysin, iysmin becombion adalah obat manusia yang biasa diberikan untuk anak kucing.

Vitamin ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan nafsu makan saja, Tapi dapat mencegah virus herpes atau flu kucing.

4. Memancing Nafsu Makan

Anda bisa menggosok gosokkan daging ikan atau daging hewan lainya di dekat hidung mereka.

Aroma daging akan memancing  nafsu makan mereka bertambah. Sehingga ini sangat efektif untuk melatih anak kucing makan.

5. Memberi Makanan Bergizi

Kucing hewan karnivora yang membutuhkan protein yang tinggi. Protein yang tertinggi terdapat pada makanan kering dan basah. makanan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan yang baik untuk kucing adalah makanan yang  meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3.  Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan anak kucing. Anda dapat memilih kandungan makanan yang memiliki gizi sepeti diatas.

Mengandung Protein Tinggi

Dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan bulu. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan di tubuh yang telah rusak.

Mengandung Omega 3

Asupan omega-3 yang cukup diketahui baik untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

6. Memberi Dia Minum

Minuman sangat penting untuk membantu mereka makan. Karena dengan mereka minum air dapat memperlancar pencernaan mereka

Memberi Susu

Selain susu induk kucing Anda juga dapat melatih kucing dengan memberikan susu lain. Ini dikarenakan produksi dari susu induk kucing semakin hari semakin berkurang. Anda bisa memberikan susu formula khusus untuk kucing. kandungan vitamin b kompleks di dalamnya membantu menambah nafsu makan anak kucing.

Memberi Air

Air dapat membantu proses pencernaan makanan. Selain itu air juga menghindarkan kucing dari resiko dehidrasi. Air sangat bagus dalam membatu membersihkan sistim pencernaan mereka.

Baca Juga : Cara menyimpan makanan kucing

Demikian Lensakucing.com bagaimana cara melatih makan kucing agar bisa beradaptasi dengan makanan baru. Mungkin kalian sudah sering melakukannya. Jika masih ada kekurangan dalam memberi makanan padat di rumah, kalian bisa menambahkannya atau tulis di kolom komentar agar kami bisa memperbarui dan menambahkan dalam postingan kami.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *